File setupdd.sys could not be loaded – The error code is 4


Satu lagi error dalam instalasi komputer yang baru saya temuin. Dari beberapa kali masalah yang muncul ketika proses instalasi PC/laptop/notebook yang saya temui, sepertinya ini yang paling aneh. Pertama yang saya curigai adalah CD instalasi nya. Kebetulan saya bawa dua buah. Tetapi tetap saja selalu muncul pesan:

File setupdd.sys could not be loaded.
The error code is 4
Setup cannot continue. Press any key to exit
 
Lalu saya beralih mencurigai CD-ROM nya. karna CD instalasi masih bagus dan selalu berjalan normal ketika saya pake nginstall di Laptop sebelum sebelumnya. Saya pikir CD-ROM nya sudah ngga bisa normal membaca dan meng-copy CD instalasinya. Mesti pake DVD-External ini mah.. tapi sial nya saya ngga bawa (blum punya hehehe).

Yaudah saya ngambil keputusan nginstall nya pake Flashdisc aja. Lalu saya mulai bikin instalasinya pake aplikasi WinToFlash. Pertama saya buka dulu file ISO dari CD instalasi XP. lalu dengan WinToFlash saya bikin instalasi pake flashdisc. Ahirnya setelah ditunggu-tunggu aga lama prosesnya selesai juga. namun ternyata apes lagi. pilihan bootable di mobo sih ada pake FDD tapi ternyata ngga konek konek.. eeuhh.. disana saya mulai bingung.

Satu cara yang belum di coba ya pake DVD-External. Namun saya mulai curiga juga sama masalah hardware.

Sebelumnya gada sedikitpun rasa curiga sama RAM. karena setau saya kalo permasalahan seputar RAM itu bisa di deteck dari bunyi mobo sewaktu pertama booting. Atau yang paling sering saya temui yaitu komputer nyala [CPU] tapi monitor ngga ngerespon.

Akhirnya saya coba bongkar. dan terlihat lah 2 slot RAM. ketika diperhatikan lagi dua RAM yang nempel disana sepertinya berbeda. satu kayanya bawaan sepaket sama Mobo yang satu tambahan. nah yang tambahan ini nih kaya nya yang jadi masalah. soalnya ngga sama ma RAM satunya. Yaudah saya cabut ja dulu RAM abal abal nya.

Dan saya coba lagi lakukan instalasi. dan Alhamdulillah nya ternyata proses instalai dapat berjalan lancar! berarti biang keladi nya si RAM itu.

Naah buat yang nemuin masalah yang sama. kemungkinan besar masalah nya sama. Error code 4 itu katanya sih berkaitan sama hardware. Dari pengalaman saya RAM nya yang terbukti bersalah. namun tidak menutup kemungkinan dalam kasus kasus yang lain berebeda. Bisa saja VGA atau yang lainnya.

Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply